MARGOMAREM Menjadi Kawasan Perdesaan Prioritas Wonosobo

Kawasan MARGOMAREM adalah sebuah kawasan pedesaan yang meliputi : Desa Maron, Desa Tlogo, Desa Menjer, Desa Mlandi dan Desa Laranganlor terletak di kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah.

Pembangunan Kawasan Perdesaan didefinisikan sebagai pembangunan antar desa yang dilaksanakan dalam upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan serta pemberdayaan masyarakat desa melalui pendekatan partisipatif yang ditetapkan oleh Bupati/Walikota, mengacu pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Definisi ini menunjukkan bahwa saat ini pemerintah tidak lagi fokus pada pembangunan satu desa saja yang terkonsep pada ‘Desa Membangun’, tetapi sudah merambah pada konsep ‘Membangun Desa’ yang cakupannya jauh lebih luas antar desa demi terwujudnya percepatan pembangunan.

Pengertian Kawasan berarti suatu wilayah yang mempunyai kesamaan dari berbagai hal, seperti kondisi geografis, sosial, ekonomi dan budaya. Hal ini akan membentuk kesamaan potensi yang diselaraskan dengan arah dan tujuan pembangunan suatu wilayah. Selain itu, pembangunan antar desa dalam konsep pembangunan kawasan perdesaan lebih objektif karena melibatkan partisipasi yang lebih besar dari berbagai unsur masyarakat beberapa desa sekaligus.

Pemerintah Kabupaten Wonosobo terus berupaya mempersiapkan secara matang Kawasan Prioritas Perdesaan MARGOMAREM sebagai kawasan perdesaan unggulan di Kabupaten Wonosobo. Konsep Kawasan MARGOMAREM sebenarnya sudah lama digagas oleh berbagai pihak lintas desa dalam wilayah itu. Melihat berbagai kesamaan potensi wilayah masing – masing desa, kondisi sosial budaya dan visi misi desa di kawasan MARGOMAREM.

Hingga saat ini Kawasan MARGOMAREM menjadi semakin ramai di datangi oleh wisatawan baik lokal maupun nasional. didukung oleh kondisi jalan yang memadai, beberapa titik lokasi spot foto dan istilah tempat baru bermunculan. Seperti Swiss Van Java Wonosobo yang ada disebelah utara Dusun Sirangkel, Desa Mlandi, yang satu arah menuju air terjun Curug Sikarim. Meskipun belum terorganisnir namun beberapa wisatawan hampir menjadi objek wajib untuk berfoto ketika mengunjungi tempat ini. Beberapa objek wisata alam yang telah lama berjalan seperti Kebun teh Panama di Dusun Tempuran, Desa Tlogo, Objek Wisata Telaga Menjer di Desa Maron, Khayangan Skyline di Desa Tlogo.

Banyak sisi positif ketika suatu kawasan memiliki beberapa objek wisata, ketika dari masing – masing objek wisata tersebut dapat dipadukan menjadi objek “Wisata Kawasan”. Pembangunan Kawasan Perdesaan Margomarem perlu dilakukan melalui langkah-langkah strategi sebagai berikut dalam memanfaatkan sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan untuk mendorong pengembangan wisata edukasi, alam dan pedesaan, memaksimalkan destinasi eksisting dan potensi alam (landscape), budaya (tradisi, kesenian), ekonomi lokal (produk olahan, kerajinan) untuk mendorong terbentuknya pola perjalanan kawasan, memaksimalkan potensi SDM dan BUMDes untuk mengembangkan UMKM dan pemasaran pariwisata kawasan.

Selain itu, perlu adanya roadmap pengembangan kawasan terintegrasi antara agropolitan dan pariwisata dalam bentuk RPKP (Rencana Pengembangan Kawasan Perdesaan) serta mendorong penetapan kawasan perdesaan Margomarem, meningkatkan infrastruktur kawasan agropolitan dan pariwisata, meningkatkan kapasitas SDM dalam pengembangan kawasan agropolitan dan pariwisata, serta pengembangan destinasi wisata eksisting, potensi alam, budaya dan ekonomi lokal untuk meningkatkan daya saing terhadap kawasan lain. Mengoptimalkan peran dan fungsi BUMDes sangat penting dalam proses produksi, distribusi dan perantara penjualan hasil maupun produk pertanian. Perlu adanya peningkatan koordinasi/komunikasi antar pemangku kepentingan untuk meminimalisir konflik. Dari segi pertanian, pengembangan roadmap alur distribusi dan komoditas pertanian dan peningkatan infrastruktur pertanian untuk mendukung alur distribusi dan komoditas pertanian, serta mengembangkan SDM, sistem pengolahan dan pengelolaan pertanian.

Sumber : https://shirvano.co.id/id/work/18/Rencana-Pembangunan-Kawasan-Perdesaan-Margomarem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *